TINGKAT MOTIVASI INTRINSIK ATLET TARUNG DERAJAT KABUPATEN INDRAMAYU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tsamrotul Maisah
Riki Ramadhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi intrinsik atlet tarung derajat Kabupaten Indramayu. Penelitian ini melalui metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 15 atlet tarung derajat yang usia nya dari umur 14 tahun sampai 17 tahun dari berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggnakan angket motivasi berprestasi. Analisis data di penelitian ini menggunakan distribusi frekuensi relatif dan uji kecenderungan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tingkat motivasi intrinsik atlet tarung derajat Kabupaten Indramayu masuk dalam kategori cukup. Sehingga hasil yang diperoleh pada penelitian ini, membuktikan pada data yang dianalisis dalam kategori cukup sebagai berikut: latihan untuk menjaga kebugaran tubuh, senang apabila latihan yang diberikan bervariasi, latihan dapat mengembangkan teknik gerak, dapat menerima saran dari pelatih, keinginan akan suatu pencapaian pada tujuan atau prestasi yang maksimal, atlet membuktikan kurang begitu suka pada saat dilibatkan dalam pengambilan keputusan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maisah, T., & Ramadhan, R. . (2022). TINGKAT MOTIVASI INTRINSIK ATLET TARUNG DERAJAT KABUPATEN INDRAMAYU. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 9–14. Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/JKJO/article/view/135

References

  1. Drajat, A. (2016). Buku Panduan Pelatih Tarung Derajat. Tidak Diterbitkan.
  2. Effendi, H. (2016). Peranan psikologi olahraga dalam meningkatkan prestasi atlet. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 22–30.
  3. Ginanjar, A. (2015). The Influence of Inquiry Method in Motivating the SMP’ Student. Jurnal Kependidikan, 45(2), 123–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jk.v45i2.7489
  4. Ginanjar, A. (2018). The Tactical Games Modelsand Motivation Learningof Physical Fitness The Vocational School Students. Jurnal Kependidikan Penelitian Dan Inovasi Pembelajaran, 2(2), 409–419. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.10746
  5. Ginanjar, A. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
  6. Ginanjar, A. (2019b). The Effects of Personalized System for Instruction Learning Model on Vocational School Students’ Motivation. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 32–36. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10461
  7. Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Deepublish.
  8. Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
  9. Komarudin. (2017). Psikologi olahraga. In Remaja Rosdakarya.
  10. Louk, M. J. H., Tajuddin, A. I., & Yesus, E. M. De. (2021). the Effect of Intrinsic Motivation on the Performance of Taekwondo Athletes During Exercise Literature Review. JPEHSS (Journal of Physical Education Health And Sport Sciences), 2(2), 139–147. https://doi.org/10.35508/jpehss
  11. Mubarok, M. Z. (2021). Teori Latihan Olahraga. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
  12. Putra, P. P. K., & Wijono. (2021). Tingkat motivasi prestasi atlet pencak silat padepokan pringgoloyo di kabupaten ponorogo. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(5), 62–69.
  13. Rusmanto, R., Ginanjar, A., & Ramadhan, R. (2020). Kondisi Fisik Atlet PPLPD Beladiri tarung Derajat Kabupaten Indramayu. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 18–27.
  14. Sari, P. S. (2020). Motivasi Berlatih Atlet Karate Selama Pandemi Covid-19. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(2), 17–31. https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12379
  15. Sundari, S. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Bermain Bolavoli. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 6–15.