PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP DALAM SENAM LANTAI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Peranan pendidikan jasmani adalah sangat penting, yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, bermain, dan olahraga yang dilakukan secara teratur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMP dalam senam lantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen dan menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah 10 Siswa Kelas VII SMP As-Salafiyah Krangkeng Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu. Adapun teknik sampel menggunakan sampling jenuh. Sesuai dengan konsep ini menggunakan instrumen angket motivasi. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar siswa SMP dalam senam lantai. Jika dilihat dari rata-rata perbandingan nilai pretest dan posttest terdapat peningkatan sehingga model TGT dapat digunakan dalam pembelajaran senam lantai dengan nilai rata-rata pretest 14,9 dan posttest 15,7.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Agustryani, R., Herliana, M. N., & Soraya, N. (2020). Pengaruh Model Team Game Tournament ( TGT ) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Jendela Olahraga, 5(1), 30–34. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.5225
- Faris, M. F. (2018). Persepsi Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran Senam Lantai Guling Belakang Di MTs. Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Gafur, A. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) Mata Pelajaran Matematika Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Azzahiddin Pekanbaru. Skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
- Ginanjar, A. (2015). The Influence of Inquiry Method in Motivating the SMP’ Student. Jurnal Kependidikan, 45(2), 123–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jk.v45i2.7489
- Ginanjar, A. (2016). Implementasi Praktis Model-model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
- Ginanjar, A. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
- Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
- Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
- Ginanjar, A., Supriadi, D., & Solihin, A. O. (2020). Metode Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Jasmani. Cimahi: STKIP Pasundan Press.
- Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi untuk hasil pembelajaran senam lantai. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 137–145.
- Hudah, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Bola Voli di SMP N 1 Karimunjawa 2016. Jendela Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.26877/jo.v1i1%20Juli.1095
- Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.
- Padillah, A., Yudiana, Y., & Juliantine, T. (2020). The Effect of Cooperative Learning Model and Peer Teaching Model on Social Skills and Volleyball Games Performance. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 35–39. https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.22093
- Raharja, D. S. P. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe TGT Terhadap Perilaku Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 33–42.
- Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers/ PT Raja Grafindo Persada.
- Suryadi, A. (2012). Pendidikan, Investasi SDM dan Pembangunan : Isu. Teori dan Aplikasi Untuk Pembangunan Pendidikan dan Sumber Daya Manusia Indonesia. Bandung: Widya Aksara Pres.
- Tustianti, R. (2019). Evaluasi Pembinaan Cabang Olahraga Senam Di Kabupaten Pati. Tesis. Semarang: Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
- Wahyudianto, F., Kharisma, Y., & Mudzakir, D. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Keterampilan Servis Backhand Bulu Tangkis. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64–70.
- Widyastuti, E. P. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas IV SD I Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora Semester II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.