Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asrizal Wahdan Wilsa
Kiki Fatkhiyani
Muniati Muniati

Abstract

Penerapan pendekatan matematika relistik menjadi alternatif pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi satuan baku. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II A UPTD SDN 1 Sumuradem pada mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2021/2022. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan oleh kurangnya aktivitas siswa dan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru kurang optimal. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat komponen yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 55%, pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 81%, artinya ketuntasan aktivitas siswa telah mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas sebesar 25,6%, pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 86,1%, artinya ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan matematika relistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wahdan Wilsa, A., Fatkhiyani, K., & Muniati, M. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP NU Indramayu, 1(2), 1–8. Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/Judistira/article/view/166

References

  1. Agustina, A. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di SMP Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 600-611.
  2. Aqib. Z., & Amrullah, A,. (2018). PTK Penelitian Tindakan Kelas – Teori dan Aplikasi. Yogyakarta. Andi.
  3. Farida, B. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2),81.
  4. https://doi.org/10.30659/Pendas.4.2.81-90
  5. Hamalik, O. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hasugian, J,. W. (2021). Relasi Guru-Siswa: Pendekatan Christ Centered Sebagai Solusi Dalam Perubahan Perilaku Belajar Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Teknologi Berita Hidup, Vol 4, No 1, September 2021
  7. Hendriana. H., & Afrilianto. M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Refika Aditama.
  8. Herlina, F. & Taufina. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4(4) 821-828
  9. Istiqomah. I., Kukuh. M., & Zulyanty. M. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Tebo Melalui Pendekatan Matematika Realistik. (Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
  10. Komariyah, S., & Laili, A.F.N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.
  11. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523
  12. Lestari, B. Sutiarso, S. Nurhanurawati. (2013). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, Mei 2013
  13. Margareth. S., Simarmata. E., J., Sipayung. R., & Silaban. P., J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5 No 5 Tahun 2021.
  14. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1015
  15. Novianti.A., Bentri. A., & Zikri. A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 4 No 1 Tahun 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
  16. Pardossi, A. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 9 No. 2 Juli 2018:28-36. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26769
  17. Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3),241-250. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.13.p241-250
  18. Sumianto, S. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Al-Azim Sdit Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Jurnal Basicedu 2(1). 49-56
  19. Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, ISSN : 2086-2334 Volume 5, Nomor 1, Juni 2014.
  20. Thobroni. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.