Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pencapaian hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia yang kurang maksimal akibat penggunaan metode konvensional oleh pendidik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan aktivitas pendidik serta hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kedokanagung pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada pemikiran Kemmis dan Mc Taggart dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas V SD Negeri 2 Kedokanagung yang berjumlah 25 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 2 Kedokanagung mengalami peningkatan. Pada siklus 1 aktivitas pendidik memiliki presentase 76,4%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 94% dengan kriteria sangat tinggi. Selain itu, hasil belajar peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus 1 hanya terdapat 56% peserta didik yang memiliki hasil belajar mencapai KKM, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 84%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pelajaran Bahasa Indonesia dinilai efektif dalam meningkatkan aktivitas pendidik serta hasil belajar peserta didik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, Vol. 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316
- Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Education and Instruction, Vol. 3(1), 36-45.
- Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
- Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 2(2), 715-722.
- Istiani, N., K., H.D., & Sulasmono, B.S. (2013). Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri I Pabelan Kecamatan Pabelan Kab. Semarang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Satya Widya, 29(1), 53-57. DOI: https://doi.org/10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p53-57
- Haris, A. & Jihad, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Prassindo.
- Kristanto, I. (2017). Aktivitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri Se-Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Vol. 4(11), 1-9.
- Lubis, E. L. S. (2019). Peran Guru dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis, Vol. 1(1), 1-7.
- Lubis, R., Harahap, T,. & Ahmad, M. (2019). Aktivitas Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan. 194-205.
- Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 6(4), 440-445
- Sanjaya, B.P. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), Vol. 5(2), 71-78. DOI: https://doi.org/10.36928/jipd.v5i2.733
- Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
- Yuni, N., Pabunga, D.B, & Kaimuddin, L.O. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Alat Pencernaan Makanan dan Kesehatan Bagi Manusia di Kelas V SD Negeri 1 Tambea. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, Volume 1. 10-17.
- Profil Penulis
- Dede Supriyadi lahir di Desa Sambimaya Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu Jawa Barat pada tanggal 01 Mei 1998. Penulis lahir dari pasangan bapak Casmin dan ibu Supriyatin, serta merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Penulis menempuh pendidikan sekolah dasar di SDN 2 Sambimaya dan lulus pada tahun 2010. Kemudian melanjutkan ke jenjang menengah pertama di SMPN 2 Juntinyuat dan lulus pada tahun 2013. Selanjutnya, melanjutkan ke jenjang menengah atas di SMKN 1 Balongan dan lulus pada tahun 2016. Setelah itu, penulis menempuh jenjang sarjana di STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu dengan mengambil program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Selama menempuh jenjang sarjana di STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu, penulis juga aktif pada beberapa organisasi yang ada di kampus. Adapun salah satu organisasi yang penulis ikuti adalah pramuka.