Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II UPTD SD Negeri I Kerticala Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) dapat di terapkan di kelas II UPTD SD Negeri 1 Kerticala Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. 2) mengetahui apakah model pembelajaran tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas II UPTD SD Negeri 1 Kerticala Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. 3) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatan hasil belajar matematika kelas II UPTD SD Negeri 1 Kerticala Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian kelas II di UPTD SD Negeri 1 Kerticala tahun ajaran 2021/2022. Terbukti pada siklus I terdapat 14 siswa atau 56% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata (67,8). Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar ada 20 siswa atau 80 % dengan nilai rata-rata (74,4). Berdasarkan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakasanakan dengan dua siklus, maka dapat dinyatakan bahawa pelaksanaan tindakan sampai siklus II berhasil, karena sudah memenuhi tingkat keberhasilan yaitu 80%.. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatife tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas II UPTD SD Negeri I kerticala dikatakan berhasil.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hidayat, R.A. (2014). Hubungan Fasilitas Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas Xi SMK YPP Purworejo. (Skripsi Sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo : Purworejo).
- Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Suardi. (2018). Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
- Septia, Imam. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar, Cita- Cita Siswa, Kompetensi Guru, Komunitas Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Sleman. (Skripsi Sarjana, Sannata Dharma Yogyakarta :Yogyakarta).
- Susilo. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.