Penerapan Metode Pemberian Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Pembelajaran di Sekolah Dasar sering ditemui atau dijumpai berbagai masalah diantaranya siswa kurang mampu memahami materi pelajaran matematika yang disampaikan guru sehingga hasil belajar siswa kurang sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil peningkatan ketuntasan belajar melalui penerapan metode pemberian reward pada pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Uswatun Hasanah sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes awal, observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes akhir. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 55% dengan nilai rata-rata 61,5, sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 85% dengan nilai rata-rata 75,5.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Agustina, N. (2012). Penerapan Reward dan Punishment sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Siliwangi: PT. Remaja Rosdakarya.
- Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksana.
- Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi pendidikan karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Prees.
- Aspriyani, R. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPMM 10(1): 17-23.
- Hafid, A, dkk. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Ibrohim. (2014). Penerapan Model NHT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Fakultas Matematika Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta: tidak diterbitkan.
- Jarmita, N. (2015). Kesulitan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika di kelas awal sekolah dasar. Pionir, 1-16.
- Kusyairy, U. (2014). Psikologi Belajar: Panduan Praktis untuk Memahami Psikologi dalam Pembelajaran. Makassar: Alauddin University Press.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.