Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA Selama Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Blended Learning merupakan metode pembelajaran yang mewakili era digital karena telah terintegrasi dengan internet dan juga pembelajaran yang manggabungkan penerapan pembelajaran tradisional di dalam kelas dengan pembelajaran online yang memanfaatkan teknologi informasi dan bersifat fleksibel. Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang diduga besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Keberhasilan belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar, nilai hasil belajar dapat dipakai sebagai parameter untuk menilai keberhasilan proses kegiatan pembelajaran disekolah. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif, dengan tempat dan waktu penelitain di SD N 1 Karangkendal. Vaariabel bebas dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar dan variabel terikatnya hasil belajar. Populasi penelitian ini yaitu siswa SD N 1 Karangkendal dengan sampel 40 siswa kelas VA. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner, test, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji N Gain, uji prasyarat analisis, dan uji hubungan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode balnded learning dalam meningkatkanmotivasi dan hasil beljar siswa kelas VA di SD N 1 Karangkendal.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Arikunto, Suharsini. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa . Bandung: PT Rosda Karya.
- Suryani, Lilis, Tri Susilawati, dan Harjito. (2021). Inovasi Pembelajaran Blended Learnig Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Motivasi Minat dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Sumbawa: Jurnal Tambora, 5(2).
- Wijiastuti, Tyas Nur. (2019). Keefektifan Discovery Blended Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Ekskreasi Manusia. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
- Wiryanto, H. S. (2018). Pengaruh Model Blended Learning Berbasis Moodle Terhadap Kemampuan Self-Regulated Learning Dalam Belajar Matematika. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
- Suryani, Lilis, Tri Susilawati, & Harjito. (2021). Inovasi Pembelajaran Blended Learnig Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Motivasi Minat dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Sumbawa: Jurnal Tambora, 5(2), 79-86. DOI: https://doi.org/10.36761/jt.v5i2.1129
- Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sulfemi, W. B. (2019, May 21). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS dI SMP Kabupaten Bogor: Jurnal Pendidikan & Administrasi Pendidikan, 19 (1), 1-12. Doi: https://doi.org/10.31227/osf.io/u8nvd
- Sudiarta, IGP. & Sadra, I Wayan.(2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa48. Jurusan Pendidikan Matematika, 49(2), 48-58. DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009 Abidin, Z. & Ijrah, Sumarnur (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Gugus Iv Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam:Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 20-29. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102701 Budiariawan, I Putu. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia: Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103-111. Doi: http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
- Palittin, I., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.Doi: https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
- Suryani, Lilis, Tri Susilawati, & Harjito. (2021). Inovasi Pembelajaran Blended Learnig Dengan Metode Project Based Learning Terhadap Motivasi Minat dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Sumbawa: Jurnal Tambora, 5(2), 79-86. DOI: https://doi.org/10.36761/jt.v5i2.1129 Prawira, Purwa Atmaja. (2017). Psikologi pendidikan dalam perspektif baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.