Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV MI Uswatun Hasanah Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Khoimatun Khoimatun
Wawan Setiawardani
Khairiyah Khairiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IVdalam pembelajaran IPA di MI Uswatun Hasanah Gegesik, Cirebon. Metode yang digunakan adalah metode experiment semu, bentuk design adalah npne quivalentcontrol group design. Sebagai teknik pengunpulan data tes, tes adalah lembar soal pilihan ganda dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan spss 26.00. hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan hasil keaktifan antara kelas exsperiment dan kelas kontrol, adapun nilai sebesar 73.20 untuk kelas exsperiment dan 62.95 untuk kelas kontrol. Dan nilai rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen 77.00dan kelas kontrol 68.00 hal ini dibuktikan berdasarkan uji main-whitney diketahui nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,0044< 0,05, maka ada perbedaan keaktifan yang signifikan kelas eksperimen yang lebih meningkat hasil belajarnya dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Khoimatun, K., Setiawardani, W., & Khairiyah, K. (2022). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV MI Uswatun Hasanah Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Dasar STKIP NU Indramayu, 1(2). Retrieved from http://ejournal.stkipnu.ac.id/index.php/Judistira/article/view/174

References

  1. Hosnan.M. (2014). Pendekatan Saintifikdan kontekstual dalam pembelajaran abad 21Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:Graha, Indonesia.
  2. Kemendikbud. (2013). Konsep Pendekatan Scientific. Bahan Pelatihan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  3. Sanjaya. W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.
  4. Sardiman,2014, Interaksi& Motivasi Belajar Mengajar,(Jakarta: PTRaja Grafindo Persada)
  5. Setyowati , M. (2017) praktikum Spss (statistical product and service solution ),1-81.
  6. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PTRemaja Rosdakarya
  7. Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik& Model Pembelajaran K-13.Jurnal Pendidikan Profesional,Volume 5,No 3,Desember,120 .
  8. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
  9. pendekatan saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan Volume,16 Nomor 1, November 2012.
  10. Zuriah, N. (2012). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.